Tuesday, May 15, 2012


Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah semata. Lebih dari itu, masjid juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting yakni ekonomi, sosial, budaya dan keamanan.

Sadar akan vitalnya fungsi masjid, komunitas muslim Houston berencana untuk mengoptimalkan fungsi tersebut sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.  "Kita lupa bahwa fungsi masjid pada masa Nabi Muhammad SAW tidak hanya sebatas tempat ibadah saja," ungkap Imam Islamic Center Ibrahim, Houston, Amerika Serikat (AS), Khalis Rashaad, seperti dikutip onislam.net, Senin (14/5).

Karena itu, kata Rashaad, pihaknya bakal melaksanakan beragam kegiatan seperti melayani kalangan masyarakat berkemampuan ekonomi lemah. Kegiatan itu berupa pembuatan dapur umum, konseling alkhol dan obat-obatan terlarang, pelatihan wirausaha, dan klinik kesehatan dan gizi. "Rencana kami adalah menangani proyek-proyek yang tak banyak ditangani organisasi lain," kata dia.

Harapan Rashaad, dengan terobosan ini akan menjadikan masjid sebagai pusat nadi kehidupan umat Islam dan nonmuslim yang berada di sekitarnya. "Masjid itu harus memenuhi kebutuhan vital masyarakat, tidak hanya muslim saja," kata dia.

Rashaad mengatakan proyek pertama akan dimulai Juni mendatang. Nantinya, setiap anggota masjid akan mendirikan stan konseling kesehatan secara gratis. "Kami tidak mau hanya sebatas penonton di pinggir lapangan. Padahal komunitas agama lain telah melakukannya," kata dia.


gsc
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!