Monday, December 17, 2012

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun stadion di Taman BMW senilai Rp 1,05 triliun. Stadion yang akan dibangun menggunakan desain menyerupai bentuk sorban. Stadion ini direncanakan sebagai home base Persija Jakarta.

Dengan kapasitas 50 ribu penonton, stadion ini akan menjadi kebanggaan warga Jakarta setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan kapasitas sekitar 80 ribu penonton. Stadion BMW ini juga akan dilengkapi dengan taman di area sekelilingnya. Berikut 5 kehebatan stadion yang akan segera dibangun pada era Gubernur Jokowi itu, seperti disampaikan Tiyok Prastyoadi, arsitek yang memenangkan sayembara desain pembangunan Stadion BMW.

1. Ornamen Betawi


Bentuk lilitan sorban tersebut, awalnya memang terinspirasi niatan membuat stadion bertaraf internasional tanpa mengurangi kultur budaya. Selain sorban merupakan ciri khas Betawi, rupanya logo olimpiade berbentuk ring merupakan inspirasi dalam pembuatan bangunan stadion tersebut.

Ring dalam balok sorban yang nantinya akan melilit di atas stadion itu memiliki arti dinamis. Selain memiliki arti, lilitan sorban tersebut juga memiliki fungsi untuk pembangunan stadion BMW nantinya.

Jokowi juga meminta ornamen Betawi di beberapa tempat stadion, misalnya pintu masuk.

2. Hemat energi


Jokowi juga meminta setiap lahan yang tersisa di sekitar stadion dipergunakan untuk lahan hijau. Rencananya, untuk pengelolaan stadion, akan dibangun juga filter pengelolaan air, lampu hemat energi dan juga pusat olahraga air yang berpusat di pinggir Danau Sunter.

"Arahan gubernur juga menginginkan agar di sekitar danau dihijaukan. Jadi nantinya pemakaian air didaur ulang, lampu-lampunya hemat, intinya air bersih, masalah energi, air, penghijauan itu sendiri, kebersihan pengunjung dan penggunaan energi sehemat mungkin," tandas Tiyok.

3. Taman hijau


Stadion di Taman BMW tersebut akan dipenuhi oleh banyak taman dan pepohonan. Di atas tanah 66 hektar, rencananya 30 hektar diperuntukkan untuk pembangunan taman hijau. Sedangkan 30 hektar lagi akan diisi oleh Taman Wisata Air.

Empat taman yang rencananya akan dibuat di Stadion BMW itu adalah taman olahraga, taman wisata air, taman tropis dan juga taman edukasi. Seperti umumnya stadion di negara Eropa, lanjut Tiyok, yang sudah memiliki standar stadion FIFA, jika nantinya stadion tersebut tidak dipergunakan untuk ajang laga internasional ataupun lainnya, taman tersebut bisa digunakan warga untuk berwisata dan juga belajar.

4. Parkir basement


Tidak seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion BMW nantinya akan dibangun di atas perparkiran. Sehingga, stadion BMW tidak seperti stadion yang sudah ada sebelumnya menggunakan taman sebagai lahan parkir. Rencananya, di basement akan memuat parkiran sebanyak 5.000 mobil dan juga 1.000 sepeda motor.

Lahan terbuka juga bisa dimanfaatkan untuk menampung pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam stadion. Semisal, jika stadion dipergunakan untuk ajang laga internasional, jika pengunjung ada yang tidak bisa masuk, panitia bisa mempergunakan berbagai sudut untuk membuka ajang nonton bareng.

5. Lapangan latihan standar FIFA


Stadion ini dilengkapi dengan dua lapangan latihan standar FIFA. Sesuai standar FIFA, kalau ada stadion, harus ada dua lapangan pemanasan. Stadion ini juga punya dua pintu masuk, pintu utama keluar dan masuk untuk tuan rumah dan juga pintu untuk tim lawan yang gunanya juga untuk mencegah bentrok. Stadion ini juga dirancang terkoneksi dengan transportasi kereta api dan ruas tol.


sumber
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!